Cara Menghemat Uang di Akhir Bulan

  • Whatsapp

Banyak cara menghemat uang setiap harinya. Kita bisa mengatur uang mulai dari kebutuhan sehari- hari hingga dana buat hiburan. Jika kita melakukan setiap hari, keuangan akan stabil bahkan hingga akhir bulan

Selain keuangan lancar, efek baik jika mengatur keuangan adalah tabungan bisa cepat bertambah. Kita pun nggak perlu pusing memikirkan utang atau kebutuhan hidup lainnya karena besar pasak daripada tiang

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Berikut ini cara menghemat uang yang bisa membuat kita cepat kaya raya.

  1. Ada alokasi pendapatan dan pengeluaran

Salah satu cara menghemat uang yaitu mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran secara jelas. Proses alokasi dana ini jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan. Jika hal tersebut udah terjadi maka wajib mengatur ulang kebutuhan yang menjadi prioritas.

  1. Mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan

Banyak orang sering rancau memahami mana kebutuhan dan keinginan. Padahal jika memahami secara benar akan membuat keuangan stabil. Pengertiannya sendiri kebutuhan adalah sesuatu hal yang sifatnya harus terpenuhi, contohnya sandang pangan dan pangan. Sedangkan keinginan sifatnya bisa ditunda untuk tidak segera dipenuhi.

  1. Evaluasi semua transaksi

Setelah gajian wajib membuat anggaran. Dari situ bisa mengetahui mengeluarkan uang buat apa saja setiap bulannya serta mana yang berdasarkan keinginan semata atau kebutuhan. Cara evaluasi yaitu dengan mencatat pemasukan kemudian rinci beberapa kebutuhan yang harus rutin dibayarkan seperti listrik, kamar mandi, papan, pangan dan lain-lain.

Dari situ bisa mengira- kira sektor apa yang bisa ditekan. Yang terpenting patuh pada catatan sehingga tidak ada pengeluaran yang di luar rencana. Lebuh baik lagi bisa membuat laporan keuangan bulanan pribadi.

  1. Menabung

Akan lebih baik lagi jika kebutuhan sudah terpenuhi selanjutnya menggunakan uang yang ada untuk menabung. Di era modern menabung hal ini menjadi poin penting dalam mengatur keuangan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Selain menabung bisa juga dengan investasi dengan tujuan mempertahankan aset dari inflasi. Sekarang ada bermacam jenis investasi mulai dari investasi emas hingga investasi saham. Sedangkan untuk menabung paling aman di bank. Apalagi sekarang banyak bermunculan aplikasi perbankan digital sehingga membuat kita terpacu untuk menabung lebih banyak lagi.

  1. Pisahkan Rekening Bank

Agar mudah sebaiknya mulai membuat dua rekening untuk menabung dan kebutuhan sehari- hari.Dengan rekening yang berbeda bisa fokus mana pengeluaran dan tabungan untuk tiap-tiap rekening ini. Satu rekening untuk melakukan pembayaran atau pembelian. Sedangkan satunya lagi untuk tabungan dan dana darurat. Dengan cara ini dapat mengontrol pengeluaran bulanan yang tidak penting.

  1. Membayar semua transaksi secara tunai

Memiliki kartu kredit banyak untungnya. Namun bisa juga justru merugika. Ibaratnya kartu kredit seperti pisau bermata dua. Jika tidak tahu cara pakainya membuat keuangan berantakan bahkan bisa membuat terlilit utang.

Agar tidak mengalami kejadian seperti diatas gunakan uang tunai saat transaksi pembelanjaan. Dengan begitu pengeluaran dan pemasukkan bisa lebih terkontrol.

  1. Bergaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis bisa jadi cara menghemat uang. Hidup minimalis bukan hidup pas-pasan, namun lebih memenuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi bisa menggunakan uang untuk keperluan lainnya.

  1. Bawa bekal ke tempat kerja

Membawa bekal ke tempat kerja bisa jadi cara untuk berhemat. Selain efisien, membawa bekal sendiri dari rumah juga terjamin kualitas gizi serta tahu keamanan bahan makanannya.

Penutup

Seseorang yang tidak pandai menghemat pengeluaran dan mengatur pemasukan akan sulit menghemat uang. Memang semuanya perlu pembiasaan. Jadi mengapa tidak kita coba?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *